Sejarah Yamaha V-ixion, Akankah Tetap Berjaya?

Bismillah

Vixion-advance-detail-0a.jpg

Selagi blogsphere sedang membahas New CB150R yang akan segera launching, Motosphere akan mencoba membahas tentang rivalnya, yaitu NVA alias New V-ixion Advance! Tapi gak cuma NVA yang akan dibahas, melainkan dari V-ixion generasi pertama hingga artikel ini ditulis. Cekidot!

Yamaha V-ixion lahir pada tahun 2007 lalu. Membawa gebrakan yang luar biasa karena sudah menganut sistem injeksi. V-ixion hadir untuk mengobrak-ngabrik kelas 150cc yang waktu itu masih dikuasai Megapro. Mesin yang digunakan adalah pengembangan dari Yamaha Jupiter MX. Pemilihan sistem injeksi diyakini Yamaha akan meningkatkan performa mesin bervolume 149,8 cc dengan kode 3C1 ini.

Generasi Pertama (2007 s.d 2010)

vixion.jpg

Generasi pertama V-ixion menggunakan mesin 3C1. Ciri khas lainnya adalah bentuk lampu depan bulat dan DeltaBox warna silver. Kelebihan mesin ini dibanding kompetitor adalah sudah menggunakan sistem pendingin radiator dan pengapian injeksi. Penjualannya terus melonjak. Meskipun pada generasi pertama ini sempat dijumpai masalah pada fuel pump.

Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan
Diameter Langkah : 57,0 x 58,7 mm
Volume Silinder : 149,8 cc
Susunan Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Power Max : 14,88 PS / 8.500 rpm
Torsi Max : 13,1 N.m / 7.500 rpm
Sistem Pelumasan : Basah
Oli Mesin : Total : 1,15 Liter / Pergantian ; Berkala : 0,95 Liter
Karburator : (MIKUNI) AC28 x 1
Kopling : Basah, Kopling manual, Multiplat
Rasio Gigi : 1- N – 2 – 3 – 4 – 5
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter

Generasi Kedua (2010 s.d 2012)

Vixion-Merah-2011.jpg

Penjualan yang terus meningkat dan semakin digemari oleh masyarakat membuat Yamaha menghadirkan facelift dari generasi pertama. Perbedaan mencolok adalah sasis Deltabox yang berubah warna menjadi hitam, desain headlamp baru, dan tabung shock menjadi berwarna hitam. Spesifikasi mesin tetap sama.

Generasi Ketiga “The Revolution Begin!” (2012 s.d 2015)

Ketika penjualan V-ixion terus meningkat, pabrikan lain tak tinggal diam. Honda merilis New Megapro pada Agustus 2010 dan CB150R pada Oktober 2012. Yamaha tentunya sudah mewaspadai hal ini. Hingga dirilislah New V-Ixion Lightning pada 15 Desember 2012.

new-yamaha-vixion-white-reddish-lightning.jpg
New V-ixion Lightning

Yamaha NVL tampil begitu All-Out! Motor ini membawa banyak perubahan seperti kunci kontak di tangki, ban gambot, rem belakang cakram, dan speedometer digital. NVL sangat digandrungi terutama di kalangan anak muda. Motor ini kemudian menjadi trend dan banyak sekali modifikasi yang tersedia untuk NVL.

Selain perubahan estetika, NVL juga membawa mesin yang baru dengan kode 1PA.

Power old V-Ixion yang dulu 14,88 PS kini menjadi 16,59 PS. Mantap kan brosis?

jj.jpg

Generasi Keempat “The Advance” (2015 s.d ?)

NVL berubah menjadi NVA (New V-Ixion Advance). Secara garis besar, NVA adalah facelift dari NVL. Perombakan yang dilakukan adalah di sektor headlamp yang menjadi lebih runcing, spakbor belakang dipotong, cover crankcase berwarna emas, dan engine cowl bawaan! Di sektor mesin NVA sudah lolos standarisasi Euro 3 😀

Vixion-advance-detail-0.jpgMakin cakep aja nih V-ixion dari masa ke masa..

Akhir kata..

Yamaha V-ixion sejak kelahirannya sudah membuat “gelombang baru” di pasar 150cc Indonesia. Mesin yang responsif dan tergolong irit BBM menjadi nilai lebih yang digandrungi masyarakat. Yamaha pun juga memberikan desain yang All Out sejak kelahiran NVL di penghujung 2012 lalu..

CB150R yang datang sebagai rival belum bisa menggoyahkan tahta V-ixion sebagai motorsport terlaris di Indonesia. Tapi yang cukup mengejutkan adalah AHM yang mulai menebar ancaman dengan New CB150R milik mereka yang disinyalir muncul bulan depan. Akankah Vixion akan tinggal diam?

head-lamp-cb150r-clear11
New CB150R

saya sendiri berpendapat pasti Yamaha selalu punya kejutan buat kompetitornya!

Silakan tinggalkan komentar brosis..

Iklan

2 thoughts on “Sejarah Yamaha V-ixion, Akankah Tetap Berjaya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s