Corat-coret Seragam dan Konvoi? Aku ora melu-meluuu

1145298

Assalamu’alaikum

Pengumuman kelulusan dan hasil Ujian Nasional (UN) SMA 2016 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Mei 2016. Beberapa hari lagi nih..

Saya sendiri deg-degan terhadap hasilnya. Bukannya takut dapat nilai yang lebih rendah dari teman lainnya. Hanya.. saya lebih takut jika hasilnya membuat orang tua kecewa. Semoga hasilnya bisa membahagiakan orang tua saya, amin ya Allah 🙂

Kelulusan UN bagi anak SMA sering diekspresikan dengan konvoi dan corat-coret baju. Dilihat dari aspek emosi remaja, bisa dibilang “wajar” karena dengan begitu mereka “diakui” keberadaannya. Cuma ya itu.. caranya tidak sopan. Tidak mencerminkan kepribadian seorang yang katanya akan beralih menjadi orang dewasa.

Menurut saya, corat coret baju seragam itu mubazir banget. Gak ada manfaanya blasss.. Saya teringat dulu berapa harga kain seragam SMA saya dan mahalnya biaya jasa penjahit. Bisa mencapai kisaran 1 juta lebih. Pastinya bikin hati orang tua sakit kalau seragam yang dibelikan cuma dicorat-corett..

Belum lagi konvoi yang tidak tertib dan menganggu pengguna jalan.. Gak jarang banyak aturan dilanggar

Helm dicopot.. nerobos traffic light.. pakai knalpot bising.. boncengan bertiga dkk. Yang lebih parah kalau konvoinya ketemu dengan SMA lain. Bisa ditebak apa yang akan terjadi.. Ngeriiii!.

Buat Pak Polisi.. jangan takut ataupun pekewuh untuk menindak siswa yang konvoi di jalanan umum

polisi-bengkulu-dilema-tilang-anak-sekolah-belum-punya-sim

Karena hal-hal itu sekolah-sekolah pun  punya ide agar pengumuman disampaikan secara online dan dilakukan menjelang malam hari. Agar kejadian konvoi dan corat-coret baju bisa dicegah. Dan ide tersebut pun sudah sampai ke sekolah saya. Entah bagaimana mekanismenya.. kita tunggu saja.

Bagi teman-temanku yang mau lulus (aamiin).. Yokk kita jaga kekondusifan sekolah. Jangan mudah “ikut-ikutan” dan jangan mudah terprovokasi. Hormati dirimu dengan cara menghormati orang lain.

Tinggalkan Balasan

