Catatan Semester 1

Di antara pembeda kuliah dan SMA adalah sistem pemilihan ilmu apa yang akan dipelajari. Pada umumnya di SMA pelajaran sudah dipaketkan oleh sekolah. Sedangkan di kuliah mahasiswa bisa memilih sendiri mata kuliah apa yang akan mereka ambil. Walaupun pada semester awal ada mata kuliah yang sudah dipaketkan oleh fakultas. Mengetahui mata kuliah apa saja yang akan dipelajari bisa dijadikan pertimbangan bagi adik-adik yang galau memilih jurusan :S

Tulisan ini akan menggambarkanmata kuliah apa saja yang sudah saya ambil dan pendapat saya tentangnya. Selain untuk dokumentasi pribadi saya, siapa tahu bisa jadi gambaran buat para pembaca.

SEMESTER 1 di Departemen Sosial Ekonomi Pertanian UGM

Mata kuliah pada semester 1 sudah ditentukan oleh fakultas karena bersifat wajib. Saya sama sekali tidak bisa memilih jam kuliah maupun dosen karena sudah dipaketkan.

  1. PENDIDIKAN PANCASILA 2/0 (UNU1100)

Mata kuliah ini tidak bisa disamakan dengan pelajaran PKn di sekolah menengah. Bahasan pada mata kuliah ini fokus kepada Pancasila itu sendiri. Mulai dari membahas asal usul Pancasila, keterkaitan antar sila, makna sila, hingga penerapan sila dalam kehidupan. Kuliahnya diadakan di gedung Fakultas Filsafat. Jadinya setiap Jumat jalan ke Filsafat.

  1. BAHASA INDONESIA 2/0 (BDU1105)

Bahasa Indonesia yang diajarkan tidak jauh berbeda dengan di sekolah menengah. Saya ingat betul ketika kuliah pertama, pak dosen memerintahkan kami untuk menulis dua paragraf mengenai pertanian pada selembar kertas. Tujuannya mengetahui kemampuan bahasa kami. Setelah dicek ulang, masih banyak dijumpai salah pemilihan kata maupun salah merangkai kalimat. Selanjutnya perkuliahan diisi dengan panduan cara membuat kalimat yang benar dan mengetahui kesalahan-kesalahan umum dalam penulisan kalimat. Pokoknya mata kuliah ini favorit saya. Walaupun banyak tugasnya Hehe….

  1. FISIKA DASAR 2/0 (MFS 1100)

Fisika yang diajarkan mengenai gaya, vektor, tekanan hidrostatis dan lain-lain. Awalnya saya gak menyangka kalau di pertanian ada mata kuliah fisika juga. Karena modal fisika di SMA yang pas-pasan, saya agak kesulitan mengikuti mata kuliah ini. Mungkin bagi yang sudah paham dan lancar fisikanya di SMA akan mudah mengikutinya karena soal-soal ujiannya gak jauh beda dengan di SMA.

  1. PRAKTIKUM FISIKA DASAR 0/1 (MFS 1100P)

Praktikum fisika dasar bernilai 0/1 artinya dihitung 1 SKS, nilainya akan muncul sebagai mata kuliah terpisah dengan fisika dasar. Praktikum ini dilakukan di Fakultas MIPA UGM. Menurut saya praktikumnya cukup mudah karena sudah ada buku panduan dan tidak melibatkan alat-alat yang rumit. Laporannya pun juga tergolong mudah karena sudah disediakan form isiannya. Tinggal menambahkan pembahasan dan kesimpulan.

  1. KIMIA ANORGANIK 2/0 (MKS 1100)

Saya cukup suka mata kuliah ini. Hal yang dibahas mulai dari definisi atom, pengertian senyawa, buffer, hidrolisis, hingga ikatan antar atom. Hampir sama dengan SMA. Namun di mata kuliah ini lebih dijelaskan apa yang selama ini belum dijelaskan di SMA. Asalkan kamu paham sistem periodik unsur akan lebih mudah mengikuti mata kuliah ini.

  1. PRAKTIKUM KIMIA ANORGANIK 0/1 (MKS 1100P)

Pratikum ini nilainya juga terpisah dari mata kuliah kimia anorganik. Praktikum diadakan di Fakultas MIPA UGM. Praktikumnya susah-susah gampang. Responsinya agak susah bagi yang belum belajar. Pokoknya kalau praktikum kimia selalu pakai atribut lengkap dan jangan sampai mecahin alat percobaan. Beberapa laporan agak panjang.

  1. BIOLOGI UMUM 2/1 (BIO 1101)

Biologi umum mempelajari definisi biologi, cabang ilmunya, hingga mengerucut pada pembahasan DNA dan proses fotosintesis pada tanaman. Asal paham dan hafal siklus terang, siklus gelap dan rekombinasi DNA bisa mempermudah kamu mengikuti mata kuliah ini. Saya sampai beli buku Campbell di Togamas karena tertarik akan penyampaian dosen dalam menerangkan biologi.

Praktikum biologi umum cukup menantang. Karena banyak stigma menyebar bahwa asistennya galak wkwk. Namun saya selow saja. Hingga akhirnya saya kaget betul ketika dipanggil asisten dan dibilangi bahwa salah satu bab pendahuluan pada laporan saya sangat mirip dengan teman lainnya. Akhirnya saya dicap sebagai plagiat dan nilai laporan saya dikurangi L. Intinya kalau mau lancar praktikum bio -> banyakin baca buku agar daftar pustakamu lengkap.

  1. MATEMATIKA 3/0 (MMS 1101)

Matematika 3 SKS bro.. Sebisa mungkin target nilai bagus dari awal agar menjalani mata kuliah tidak setengah-setengah. Mata kuliah ini mempelajari matematika dari dasar. Definisi angka, pembagian bilangan, hingga menuju hal yang lebih kompleks seperti fungsi, matriks dan derivatif (turunan). Tenang, integral belum dipelajari di mata kuliah ini 😀

  1. PENGANTAR ILMU PERTANIAN 2/0 (PNU 1101)

Mata kuliah favorit saya. Dosennya ada 4 wkwk. Mata kuliah ini mempelajari pertanian dari definisi pertanian, sejarahnya, hingga kondisi pertanian di Indonesia pada umumnya. Mata kuliah ini membuka wawasan banget. Ternyata ada banyak sekali hal mengenai pertanian yang belum aku ketahui. Ada banyak hal yang dibahas; budi daya, ekologi, ekonomi pertanian dan kondisi pertanian di Indonesia.

  1. DASAR-DASAR MANAJEMEN 2/0 (PNE 1151)

Dasar-dasar manajemen yang diajarkan murni manajemen pada umumnya. Belum mengarah menuju manajemen pada pertanian. Menurut saya gak jauh beda dengan pelajaran ekonomi yang pernah saya dapat di kelas 10 SMA. Bahasannya mulai dari definisi manajemen, hingga fungsi-fungsinya; pengawasan, kepemimpinan dll. Tips sukses dalam mata kuliah ini; banyak baca teori manajemen dan memperhatikan contoh penerapan teori yang disampaikan dosen.

Semoga bermanfaat ya… InsyaAllah artikel semester selanjutnya akan segera hadir 😀

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s