Masih Semester Dua Sudah Kepikiran Skripsi?

kelarin-skripsi-biar-cepet-resepsi.png

Untuk lulus menjadi seorang sarjana dibutuhkan minimal 144 SKS dan sebuah karya ilmiah yang bernama skripsi. Sebagai mahasiswa yang masih menjalani semester 2, saya cukup kepo alias penasaran dengan skripsi. Kenapa sih skripsi sering dicitrakan sebagai sebuah hal yang berat?

Kadang saya kepikiran, apa ya judul skripsi saya besok? Berapa lama ya selesainya? Hmm… malah paranoid sendiri. Sebenarnya saya pengen banget bisa bikin karya ilmiah gitu.. cuma belum kesampaian hehe. Masih ngerasa kurang dalam hal teori dan wawasan. Trust me, ide-ide penelitian gak muncul begitu saja. Teori yang kuat dan kepekaan terhadap fenomena di sekitar adalah kuncinya.

Berhubung saya masih semester dua, jelas belum banyak teori yang saya pahami di bidang pertanian. Kalau wawasan bisa didapat melalui berita, buku, maupun pengalaman empirik dosen yang diceritakan di kelas.

Untuk mengobati kekepoan saya, biasanya saya baca-baca skripsi orang lain. Baik yang berasal dari UGM maupun perguruan tinggi lain semisal IPB. Asyik aja gitu bacanya. Saya jadi tahu ohhhh ternyata penerapan ilmunya begini tohh. Ooo ada fenomena ini tohh di daerah ini.. Selebihnya saya mulai terbiasa dengan struktur kepenulisannya dan banyak data yang digunakan. Menambah wawasan pokoknya. Dan bisa jadi skripsi yang akan kita tulis akan melanjutkan pokok bahasan yang ada di skripsi orang lain.

Kalo lagi males baca skripsi yang panjang banget biasanya saya iseng-iseng aja download jurnal, dicetak, kemudian dibaca. Bisa sih dibaca di laptop, cuma gak enak aja.. gak kebiasa hehe.

Gak sabar pengen nyelesain skripsi, biar cepet resepsi.

Leave a Reply

