TUTORIAL – Menghemat Kuota Internet ASUS ZenFone

49075953Smartphone tidak akan menjadi smartphone jika tidak terkoneksi internet. Karena tentu saja banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Sebut saja jejaring sosial semisal Facebook, Instagram, dan Twitter. Atau aplikasi chatting semisal WhatsApp maupun LINE. Belum lagi email dan tren masyarakat Indonesia yang saat ini menggemari streaming konten video. Kadang penggunannya bisa di atas 2GB selama satu bulan.

Kalo lagi ada uang, saya biasa beli paketan Telkomsel seharga 65ribuan atau yang 90ribu. Kalo sedang tidak ada uang ya beli paket yang murah semisal XL seharga 50 ribuan, dengan konsekuensi lebih lemot. Karena di rumah saya hanya Telkomsel yang internetnya kencang. Kalo di kampus biasanya pakai Wifi kampus dengan jatah 3GB perhari dari kampus. Lumayann

Daily driver yang saya gunakan ASUS Zenfone 2 Laser. ASUS terkenal suka menanamkan bloatware alias aplikasi bawaan yang banyak banget pada smartphone mereka. Di antaranya adalah ASUS Mobile Manager. Aplikasi ini semacam pusat pengaturan smartphone, bisa membatasi penggunaan data, memilih aplikasi yang dibolehkan berjalan setelah handphone dinyalakan, dan memilih Power Plan.

Setelah saya ulik-ulik ke menu pembatasan data, rupanya ada opsi yang sangat bermanfaat menurut saya. Pembatasan data aplikasi bisa digunakan untuk menentukan sebuah aplikasi dapat terkoneksi internet apakah dengan paket data atau wifi. Pengguna jadi lebih leluasa mengatur sesuai kebutuhan mereka. Saran saya, aplikasi yang butuh data besar semisal Youtube dan Instagram diset menjadi wifi saja. Sehingga keduanya hanya bisa mengakses internet jika perangkat sudah tersambung dengan Wifi. Saya sudah coba, menyalakan paket internet di Zenfone, kemudian mengakses instagram, ternyata tidak bisa. Kemudian paket data dimatikan, lalu disambungkan ke Wifi. Dan instagram bisa tersambung kembali. Artinya pembatasan data ini bekerja.

Screenshot_20170329-202223

Menurut saya, fitur ini sangat bermanfaat untuk membatasi penggunaan data internet. Sekaligus memaksimalkan fasilitas yang sudah diberikan oleh kampus. Hehe. Jadinya bisa lebih hemat. Ada yang sudah coba juga?

Tinggalkan Balasan

