REVIEW Laptop ASUS Vivobook 5 Jutaan TP201SA : Desain Sederhana, Ringan Dibawa

1 Normal

VivoBook TP201SA Grey Color

Laptop terakhir yang saya pakai adalah Compaq CQ42, beli tahun 2010 dan rusak di awal tahun 2017. Lumayan bisa tahan 6 tahunan, awet juga ya? Namun harus rusak layar dan engselnya yang sudah “kewer-kewer”. Daripada diperbaiki dan hasilnya tidak maksimal. Saya pilih bersabar untuk dibelikan laptop baru. Alhamdulillah keturutan..

Membeli Sesuai Kebutuhan

Saya diberitahu ibu bahwa maksimal harga adalah 6 juta. Oke, buat saya dana segitu sudah cukup bahkan berlebih. Awalnya saya hendak membeli laptop 14 inch, core i3 dan ada VGAnya. Namun saya urungkan. Kenapa? Karena di rumah sudah ada laptop yang lebih bagus dari itu.. Jadinya nanggung kalor beli yang mirip.

Menurut saya, kebanyakan laptop 14 inch layarnya kurang bagus dan baterainya boros. Paling lama hanya 2-3 jam. Saya pengen nyoba yang tahan lama baterainya dan ringkas agar tidak merepotkan jika dibawa ke kampus.

Kebutuhan saya saat ini adalah laptop yang tahan lama baterainya, dibawah 6 juta, ringkas, dan desainnya bagus. Setelah saya cari-cari, ketemulah TP201SA yang dibuat ASUS. Di web disebutkan bahwa casingnya terbuat dari metal dan harganya 5 jutaan saja. Eitss ada konsekuensinya, yakni prosesornya hanya Intel Pentium Quadcore.

Saya beli di Els, karena lagi promo dapat harga Rp 4.999.000 , seribunya buat parkir 😛 . Warna yang saya pilih Abu-abu. Cekidot ke Reviewnya yuk!

PAKET PENJUALAN

Paket penjualan yang diberikan ASUS sangatlah ringkas. Hanya kardus besar, 1 unit laptop, 1 unit charger yang dimensinya kecil, 1 unit CD Driver, dan kitab-kitab garansi serta buku petunjuk. Catatan : pembelian laptop ini tidak berhadiah tas laptop. Saya pikir akan ada alat pembersih layar seperti yang saya lihat di YouTube, namun ternyata tidak ada. Belum ada pelindung layar juga. Saran saya langsung dipasangi pelindung layar sekalian. Karena TP201SA belum dilapisi antigores semisal Gorilla Glass.

13

Kepala charger kecil, mirip seperti milik ZenFone

SPESIFIKASI

Prosesor Intel Quadcore, RAM 4GB, Layar HD, HDD 500GB, Touchscreen Capasitive. Tidak ada yang istimewa.

SOFTWARE DAN PERFORMA

Laptop ini belum terinstall Windows 10 didalamnya, alias DOS. Sehingga kita harus menginstall sendiri Windowsnya. Kalau instal yang  x64 ya. Laptop ini saya installkan windows di DSSDI UGM, sekaligus Microsoft Officenya. Alhamdulillah legal hehe..

Performanya sudah saya duga tidak akan terlalu istimewa. Membuka banyak aplikasi sekaligus tidak bermasalah, karena RAM 4GB mampu menanganinya. Membuka video 1080p lancar tanpa terkendali (pakai VLC). Lag hanya terjadi ketika membuka aplikasi yang berat semisal video editor maupun google chrome dengan membuka terlalu banyak tab. Kadang terjadi macet saat mengedit powerpoint. Namun hal ini sangat jarang terjadi. Saya tidak merekomendasikan laptop ini buat pengguna berat semisal video editor maupun graphic designer. Laptop ini cocok bagi yang sering browsing, baca pdf, nonton film, ataupun mengetik tugas.

SPEAKER dan Layar

Speaker terletak di bagian bawah bodi. Ada dua, di kanan dan kiri. Suaranya bagus, cenderung membulat dan tidak cempreng. Untuk kelas notebook 12 inch, suaranya bisa diandalkan. Apalagi ada aplikasi AudioWizard yang bisa mengatur kualitas suara sesuai selera. Buat nonton film sudah oke kok.

10 Mode Stand

Layar 12 inch hadir dengan resolusi HD. Cukup cerah, kontras dan saturasi cukup bagus. Menurut saya temperatur warnanya agak kekuningan dibanding laptop yang saya miliki sebelumnya. Tapi tidak masalah. Sensitivitasnya bisa diandalkan, touchscreen akurat dan bisa merespon terhadap 10 sentuhan.

Daya Tahan Baterai

Klaim daya tahan baterainya bisa sampai 10 jam. Saya buktikan dan hanya sampai 8 jam, dengan kecerahan 25% dan tidak terkoneksi wifi. Cuma nyetel film dan sesekali ngetik tugas. Jika digunakan untuk berinternet ria daya tahannya lebih singkat. Hanya sekitar 5 jam dari 100% menjadi 15%. Buat saya ini tidak mengecewakan, lebih dari cukup. Dalam sekali charge, saya bisa pakai laptop ini sampai 2 hari.

Ukuran chargernya sangat ringkas, mirip charger smartphone karena diameter kabelnya kecil. Dan hanya butuh waktu 2 jam an sampai baterainya penuh. Jempol deh buat daya tahan baterai ASUS TP201SA!

KEKURANGAN

Setiap produk pasti memiliki kekurangan, semahal apapun. Karena ini review konsumen ya saya tulis saja sejujurnya, tanpa rekayasa hehe.

  1. Tidak ada Port VGA. Jadi kamu harus sedia adapter untuk mengoneksikan laptop ini dengan proyektor.
  2. Engsel kurang kuat. Jika menyentuh layar maka layar akan sedikit goyang. Hal ini tidak nyaman, dan membuat saya jarang memakai touchscreen.
  3. Tidak ada indikator CAPS LOCK di keyboard. Indikatornya ada di sisi samping laptop, sulit dilihat.
  4. Peletakan tombol Power yang kurang ergonomis, sering tersentuh jari sehingga laptop sering sleep sendiri.
  5. Tidak ada perlindungan layar semacam gorila Glass, langsung pasang pelindung layar saja
  6. Karena pakai bahan metal, goresan di bodi lebih mudah terlihat
  7. Tidak dapat bonus tas dalam paket penjualan 😛

5 Indikator Kanan

4 Indikator Kiri

Tombol power sering kepencet

3 Indikator Depan

Indikator CAPSLOCK yang sulit dilihat

KELEBIHAN

  1. Bobot ringan, hanya sekitar 1,5 kg
  2. Dimensi ringkas, mirip kertas A4 lebar dan panjangnya
  3. Ada GPS
  4. Baterai irit dan proses charging cepat
  5. Keyboard empuk nyaman
  6. Touchpad luas, bahkan lebih luas dari kebanyakan laptop 14 inch
  7. Desain syantikk, apalagi yang warna emas

2 Touchpad Luas12 Mode Tablet

Kesimpulan

Beli atau tidak adalah hak Anda. Bagi yang mengutamakan faktor desain, keiritan, bisa dilipat, laptop ini mempunyainya. Bagi yang mengharapkan performa ganding maupun editing, tidak disarankan untuk membeli laptop ini.

Leave a Reply

