Menguasai Bahasa

Bahasa adalah sarana komunikasi antar manusia. Dengan bahasa, manusia bisa mengutarakan maksudnya kepada orang lain, sehingga orang lain paham.

Bahasa adalah salah satu kunci mendapatkan ilmu yang lebih luas. Ilmu yang ada di dunia ini tersebar di seluruh dunia, memasuki bagian-bagian yang lebih spesifik. Sehingga ada

ilmu yang baru akan bisa kita pelajari dengan terlebih dahulu mempelajari bahasanya. Contohnya adalah ilmu agama Islam. Al-Quran dan hadits disampaikan menggunakan bahasa Arab, meskipun ada terjemahannya, substansi dan pemaknaan al-Quran dan hadits akan lebih presisi jika didekati dengan bahasa Arab. Karena di bahasa Arab ada banyak struktur kalimat dan susunan kata yang aturannya lebih spesifik dari bahasa Indonesia.

Saat ini, globalisasi sudah tidak dapat ditolak lagi. Sebentar lagi Indonesia akan mengalami bonus demografi. Akan ada banyak pemuda yang akan mengisi berbagai posisi di negeri ini. Pemuda saat inilah yang harus segera mempersiapkan diri. Jangan sampai Indonesia kecolongan karena belum memiliki mental siap bersaing. Bahasa adalah senjata utama yang dapat dipakai untuk menghadapi globalisasi.

Sebagai seorang keturunan suku Jawa, saya familiar dengan bahasa Jawa di lingkungan keluarga, walaupun ngoko. Saya cukup prihatin karena bahasa Jawa perlahan mulai digantikan oleh bahasa Iainnya. Sederhananya, adik saya saja memanggil ibu dengan panggilan “mama” :D. Saya pengen aja belajar bahasa Jawa krama, karena akan sangat bermanfaat ketika berbicara kepada orang yang lebih tua atau saat kita sedang berada di acara dengan masyarakat (kondangan, rapat desa dll).

Back to topik, sudah saatnya pemuda mulai menaruh perhatian terhadap bahasa yang ia kuasai. Saya punya idealisme untuk menguasai 4 bahasa. Menguasai bukan hanya bisa melafadzkan, namun juga mengerti aturan penulisannya. Apa saja?

  1. Bahasa Jawa

Bahasa Jawa yang ingin saya kuasai adalah bahasa Jawa ngoko dan krama inggil. Setidaknya dengan belajar bahasa Jawa, akan bisa memperbaiki sopan santun kepada yang lebih tua.

  1. Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia penting untuk kepentingan percakapan di lingkungan yang plural seperti kampus. Selain itu, bahasa Indonesia digunakan untuk penulisan karya ilmiah di kampus. Mengetahui tata tulis bahasa Indonesia juga penting untuk mengasah kemampuan menulis.

  1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sudah banyak diserap ke bahasa Indonesia. Cukup mudah belajar bahasa Inggris karena banyak sekali hal-hal yang menggunakan bahasa Inggris seperti film maupun buku-buku perkuliahan. Walaupun mudah dipelajari, tantangan berbahasa Inggris adalah keberanian untuk mengucap dan kemampuan untuk memahami grammar.

  1. Bahasa Arab

Sebagai muslim, bahasa Arab sudah melekat sejak kecil. Mulai dari TPA, hingga dewasa. Karena al-Quran tertulis dengan bahasa Arab, bacaan salat juga menggunakan bahasa Arab dan banyak doa-doa yang dilafadzkan dengan bahasa Arab. Jika sudah mulai paham bahasa Arab akan membantu seorang muslim memahami apa yang ia baca di dalam shalatnya, dan apa yang ia lafadzkan di dalam doanya. Belajar bahasa Arab punya tantangan tersendiri karena penuh dengan hafalan dan kaidah-kaidah dalam berbahasa. Saran saya, belajar bahasa Arab dari contoh percakapan terlebih dahulu baru kemudian dibarengi dengan belajar kaidahnya.

Empat bahasa itu minimal banget ya.. Saya pengennya ditambah bahasa Jepang.. Tapi belum jadi fokus untuk tahun ini. Jangan malu belajar bahasa, dan jangan ragu untuk mengeluarkan uang untuk belajar bahasa asing (beli buku / ikut kursus) karena kemampuan berbahasa yang lebih akan menjadi nilai lebih bagi penuturnya. Ciaooooo

Bahasa apa yang ingin kamu kuasai?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s