Menyimpan Kabel Charger dengan Benar Agar Tidak Ruwet dan Awet

Kabel charger penting banget dijaga biar awet. Baik charger hape maupun laptop. Menjaga kabel agar tetap awet banyak manfaatnya. Performa charging tetap terjaga, dan harga jual bagus jika ingin dijual kembali.

Lalu bagaimana menyimpan charger yang benar biar awet? Ada berbagai macam cara. Sangat sederhana, jika mau melakukannya. Kesel kan kalau kabel charger tiba-tiba ruwet dan memakan waktu saat meluruskannya kembali.

Beberapa cara sudah saya coba, dan hasilnya cukup memuaskan. Kabel charger bisa tahan dalam kondisi bagus hingga 2 tahunan.

essay pink
Source : ebay.com

Pertama, tekuk charger sesuai alur bawaan pabrik. Kabel charger yang masih baru ditata rapi agar muat di taruh di dalam kardus penjualan. Kalo mau awet, melipat kabelnya sesuai bawaan pabrik saja, agar tidak merepotkan. Jangan lupa untuk memberi karet setelah dilipat.

Kedua, buat “sarang” charger. Wadah kabel bisa dibuat dari bekas gulungan tissue. Gambarnya sebagai berikut.

toilet_rolls_large_jpg curbly
Source : Curbly.com

Ketiga, siapkan gantungan charger. Biarkan kabel charger tergantung agar tetap lurus, cara ini memang agak memakan tempat tapi hasilnya bagus.

gantungin kabel gawkerassets
Source : gawkerrasets.com

Keempat, jangan gunakan handphone ketika di charge. Tidak apa-apa jika hanya untuk tethering maupun mendengarkan musik. Tapi kalau buat chattingan atau ngegame dikhawatirkan kabelnya akan bergerak-gerak dan lama kelamaan kendor hingga putus.

menggunakan hape saat di charge - easyacc
Source : easyacc.com

Untuk charger laptop saya sering menggunakan cara pertama. Untuk charger hape saya menggunakan cara pertama, ketiga dan keempat. Asal kita mau telaten merawat, barang yang kita miliki insya allah akan awet dan tidak rewel.

Sudah mencoba?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s