Gawai Juga Butuh Istirahat Lho

Hari sudah malam, pukul 22.00 aku masih memegang handphone sambil tiduran di kasur. Badan masih kotor, laporan praktikum belum rampung kukerjakan. Padahal deadlinenya besok. Di grup LINE teman-temanku saling bertukar info referensi pembahasan praktikum minggu lalu. Aku asyik membaca, menjadi silent reader. Kadang kubuka juga akun instagramku, ada banyak story yang terus saja bermunculan siang-malam. Seakan semua orang selalu ingin tampil, dimanapun, setiap waktu. Terkadang membuka Instagram bisa sampai setengah jam, kemudian capek dan tertidur dengan handphone masih di tangan.

Banyak dari kita yang seakan diperbudak oleh gawai, baik smartphone maupun tablet. Wajar, di dalamnya banyak hal yang mengasyikkan. Ada kamera, ada sosial media, ada browser, ada Youtube untuk streaming video seperti tren saat ini. Ditambah lagi banyak hape yang sudah 4G yang harga kuotanya cukup terjangkau. Kita dimanjakan oleh fasilitas dan kenyamanan ini. Jika tidak dikelola dengan benar hanya akan menjadi senjata makan tuan. Waktu produktif kita yang termakan, yang seharusnya bisa menghasilkan sebuah karya atau menambah wawasan.

Tidak ada salahnya memberi batasan pada diri kita. Mau seberapa lama bermain gawai dan kapan waktunya. Atau selamanya kita akan menjadi seperti orang kebanyakan. Menunduk khidmat mengecek notifikasi, padahal ada teman di sebelahnya yang bisa diajak bicara. Pembatasan ini bertujuan baik, agar tidak banyak waktu yang terbuang dan juga agar kita bisa lebih menghargai orang-orang di sekeliling kita. Tentunya akan menyenangkan jika lawan bicara maupun rekan kita menaruh perhatian penuh saat kita berbicara dibandingkan lawan bicara yang mencuri kesempatan untuk memandangi hapenya.

Demikian pula saat di malam hari. Setelah sampai kos, asrama, maupun rumah. Menurutku, sudah saatnya handphone juga beristirahat. Buatlah jam malam, mau jam berapa kamu akan meletakkan handphonemu. Kalau perlu tulis di profil sosial mediamu agar teman-temanmu tahu kapan kamu bisa dihubungi.

Waktu malam adalah saat yang penting untuk mulai istirahat dan juga menenangkan pikiran. Sembari meminum teh hangat maupun kopi kesukaan, ditemani buku bacaan. Jemputlah buku yang sudah dibeli berminggu-minggu lalu, yang belum sempat kamu baca. Membaca adalah salah satu cara menambah wawasan dan mengembangkan imajinasi. Bisa buku kuliah maupun apapun kesukaanmu. Bentuklah kebiasaan membaca, karena orang yang rajin membaca biasanya pandai menjaga diri dari kekosongan waktu.

Tidak perlu banyak penjelasan dariku mengenai pentingnya membaca. Di SD sudah diajarkan pentingnya membaca. Saat itu gurumu berharap kamu akan jadi anak yang rajin membaca, jika belum mulailah dari sekarang. Membaca adalah kebiasaan orang-orang hebat. Termasuk dua orang penting yang berjasa atas berdirinya negara ini, yakni Soekarno dan Mohammad Hatta. Soekarno tetap membaca buku meskipun ia diasingkan. Sedangkan istri Hatta merasa menjadi istri kedua, karena cemburu terhadap 13.000 buku milik Mohamad Hatta. Seluruh rakyat Indonesia hendaknya tahu, bahwa pendahulu mereka adalah orang-orang yang memiliki kecintaan tinggi terhadap buku.

Yok baca buku!

Iklan

Pentingnya Pangan

Pangan adalah hidup dan matinya suatu bangsa. Begitu kata presiden pertama bangsa ini. Menyediakan pangan adalah hal yang amat bisa dilakukan oleh Indonesia. Hamparan daratan dan banyaknya gunung berapi membuat tanah negeri ini subur. Luasnya lautan menyimpan ribuan jenis ikan di dalamnya. Kalau boleh dibilang, Indonesia ini adalah tanah yang diberkahi oleh Yang Maha Kuasa.

Menghidupi seperempat milyar manusia bukanlah perkara mudah. Mereka butuh makan setiap hari. Membiarkan mereka kelaparan akan memicu keributan berkepanjangan. Ada ribuan ton beras yang harus disediakan setiap harinya, ribuan ekor ayam yang harus dipotong, ribuan batang sayuran yang harus dipanen. Bahkan ada ribuan ton gandum yang harus diimpor karena ia disukai masyarakat kita, walaupun termasuk tanaman yang tidak cocok tumbuh di negeri ini. Begitu terus setiap harinya. Berhenti satu hari saja, manusia bisa saling berperang berebut makanan.

Jumlah penduduk negeri ini semakin bertambah setiap tahunnya. Kebutuhan pangannya semakin bertambah pula. Di sisi lain, dijumpai banyak alihfungsi lahan yang semakin mengerikan. Sawah 1 hektare mungkin hanya akan menghasilkan laba belasan juta dalam sekali panen dalam beberapa bulan. Namun dengan menjualnya, pemilik bisa mendapatkan ratusan juta hingga milyaran rupiah. Setelah pembangunan selesai, sawah yang terbeli pun menemui takdirnya. Menjadi pabrik, apartemen mewah, atau hotel yang banyak mengambil air tanah itu. Lalu, akan menanam di mana?

Aku pernah melihat sebuah presentasi seorang yang peduli dengan pangan negeri ini. Akan terjadi pertumbuhan grafik yang saling berlawanan. Yakni meningkatnya kebutuhan pangan, dan menurunnya produksi pangan, jika lahan pertanian tidak direvitalisasi. Maka jangan salahkan pemerintah yang impor pangan jika kamu masih ingin kenyang.

Tulisan singkat ini bukan untuk menakut-nakuti. Hanya saja, pentingnya pangan perlu diketahui oleh seluruh penduduk negeri ini. Makanan yang kita konsumsi setiap hari adalah sebuah proses panjang pemeliharaan oleh para petani. Maka saatnya kita mulai menghargai jasa mereka. Jika belum bisa membantu untuk memproduksi pangan bagi diri sendiri, hendaknya mulai dari langkah kecil yang berarti, yakni tidak membuang-buang makanan yang kita miliki.

Tufiddin

12 Agustus 2017

Tampil “Beda” Dengan Membaca Buku

man-32271_960_720

Hello pembaca sekalian 🙂

Kata Pak Guru, kalau mau pintar harus baca buku. Kata Pak Dosen, materi perkuliahan beliau sudah ada di buku. Kata orang-orang, buku adalah jendela dunia. Buku adalah sumber pengetahuan yang amat luas. Anggaplah pernyataan ini benar. Kemudian aku ajukan pertanyaan, lalu siapa yang membaca buku? Siapakah orang yang harus membaca buku?

Read More »

Agar Handphone Bekas Dihargai Mahal dan Cepat Laku

Menjual hape bekas itu tidak mudah lho (kalau mau dihargai tinggi). Setidaknya itu yang ane bisa simpulkan dari pengalaman ane. Kita pengen hape dihargai mahal, tapi calon pembeli nawarnya sadis. Bagaimana caranya agar hape bekas kita dihargai secara “layak”? Yuk simak beberapa poin yang akan ane jelaskan. Poin-poinyang ane tulis berdasarkan pengalaman pribadi aja hehe.

Pertama, jual langsung kepada calon pembeli. Ada banyak web yang bisa digunakan untuk menawarkan hape kita ke orang banyak. Semisal Grup Facebook, OLX, maupun Kaskus. Dengan menjual ke calon pembeli langsung (tanpa perantara) kita mungkin akan mendapatkan harga yang layak. Namun perlu waktu agak lama hingga bertemu pembeli yang serius. Pengalaman pribadi ane, jual Redmi Note 3G di OLX laku dalam 2 jam saja. Kalau menjual di konter hape, biasanya hape kita akan dihargai agak rendah dari harga bekas pasaran. Biasanya yang jual ke konter hanya yang bener-bener BU maupun gak mau ribet jual.

Kedua, tawarkan ke saudara dan kerabat. Kadang kita lupa nih, bahwa pasar yang potensial adalah saudara dan kerabat kita. Mungkin saja mereka sedang mencari hape bekas dan bingung untuk membeli ke siapa.

Ketiga, pastikan kelengkapan hape. Hape bodong atau hape batangan (tanpa kardus, cas, apalagi nota) akan dihargai murah. Ane belum pernah beli hape batangan karena takut apakah Bener-bener batangan karena kerdusnya hilang atau hape tersebut hasil tindak kriminal. Pastikan kardus dan nota ada. Hape yang lengkap paket penjualannya akan dihargai lebih tinggi, karena pembeli percaya bahwa hapenya bukan hasil dari tindak kriminal.

Keempat, beri bonus. Biasanya saat menjual hape bekas, ane kasih bonus kecil-kecilan semisal memory Cad maupun hardcase yang udah ane pake. Ane akan kasih bonus itu ketika calon pembeli negonya gak sadis. Cara ini cukup manjur buat menarik perhatian calon pembeli.

Kelima, survey harga. Sebelum menjual, survey harga bekas hape dulu. Bisa dilakukan di OLX maupun di forum lainnya. Harga pasaran hape A mungkin bisa beda di tiap kota. Survey ini penting agar harga yang kamu pilih gak kemahalan atau terlalu murah. Saat survey, perhatikan harga setiap umur dan kondisi hape.

Keenam, menentukan harga. Tiga aspek yang harus dipertimbangkan adalah berapa uang yang ingin kita dapat, umur, dan kondisi (mulus, ada bekas jatuh, pernah servis?).

Contoh,

Hape yang akan ane jual ASUS Zenfone 2 Laser 4G. Umur 8 bulan, kondisi lecet dikit. Saya pengen dapat uang 1.100.000 Setelah ane survey di OLX kebanyakan dengan umur dan kondisi yang mirip, harganya berkisar 1.000.000 – 1.300.000

Pasang harga dibawah harga 1.300.000 dan agak tinggi dari 1.000.000 . Ane akan pasang di 1.250.000 dengan bonus SD Card. Yakinlah setiap calon pembeli akan menawar. Dan nawarnya bisa sampai 10-20% harga yang kita tetapkan. Jadi pasang harga memang harus agak tinggi.

Ketujuh, sepakati harga sebelum COD. Sebelum COD, jelasin semua kekurangan ataupun kondisi hape yang akan kamu jual secara detil ke calon pembeli agar saat COD dia tidak berubah pikiran dan membayar sesuai dengan apa yang disepakati.

Kedelapan, pasang foto yang bagus di iklan. Jika dijual online, calon pembeli akan tertarik ke iklan yang fotonya bagus (resolusi tinggi).

Kesembilan, minta dijualkan teman 🙂 Gak ada salahnya minta tolong temanmu untuk menjualkan hapemu. Tentu saja kasih dia reward alias komisi setelah hapemu laku. Biar tambah akrab haha

Last, berdaganglah dengan jujur, jika pernah servis ya disampaikan saja ke calon pembeli. Jika pernah jatuh / kemasukan air juga disampaikan saja. Karena jujur itulah yang akan membawa berkah bagi kehidupan kita.

Kaffatufiddin

Hampir Ketabrak Gara-gara Tidak Pasang Hazard Sign!

Pernakah brosis melihat mobil / truk macet di jalan? Gak jarang sopirnya hanya mencari ranting pohon yang masih ada daunnya untuk memberitahu pengguna jalan lain bahwa mobilnya sedang mogok sambil menyalakan lampu hazard. Walaupun niatnya baik, menurutku caranya kurang benar. Karena ada cara yang lebih aman bagi pengguna jalan yang lain. Yaitu memakai Triangle Hazard Sign. Alias segitiga hazard yang ditaruh di jalan dengan jarak beberapa meter dari mobil yang mogok.

Ane menulis ini karena Minggu lalu ketika melintas di Ringroad Utara ada mobil sedan mogok dan hanya diberi ranting tanpa menyalakan lampu hazard apalagi memasang triangle hazard sign. Karena mogoknya di jalur cepat, walhasil ada mobil lain yang hampir menabrak sedan mogok itu. Bahaya kan? Di jalan, bukan hanya keselamatan kita saja yang harus dijaga, juga keselamatan orang lain harus kita jaga.

Triangle Hazard Sign biasanya warnanya mencolok agar mudah dilihat pengendara lain, juga dilengkapi reflektor agar bisa terlihat di malam hari. Ane pernah menggunakan segitiga hazard ketika mobil sedang tekor akinya di jalan. Dipasang sekitar 2 meter di belakang mobil, jadi pengendara lain tahu kalau ada mobil yang sedang mogok dan menghindarinya. Selain itu, lampu hazard mobil juga dinyalakan.

Harapan ane, pemilik mobil melengkapi perkakas di mobilnya dengan alat yang satu ini dan selalu dibawa untuk jaga-jaga. Ciaoo

Metal Lee Adalah Anak Rock Lee! (Boruto Episode 16)

Yap, lewat anime Boruto episode 16 terkonfirmasi sudah bahwa Metal Lee adalah anak Rock Lee. Ketika Denki terjatuh ketika latihan memanjat tebing bersama Metal Lee. Tiba-tiba Rock Lee datang dan menangkapnya. Setelah itu Metal Lee memanggil Rock Lee dengan kata “Papa!”. Yang masih ane penasaran, siapakah ibu Metal Lee? MungkinkahTenten? Atau akan menjadi rahasia selamanya hahaha. Setelah Denki berhasil ditangkap, dia diberi hadiah baju hijau khas Rock Read More »

Toko Hobi dan Mainan di Jogja

gunpla-grade-and-scale.jpg

Di Jogja, apa-apa ada, begitu anggapan saya. Lingkungan masyarakat di Jogja mulai heterogen, karena banyak pendatang dari luar jogja (termsuk saya :p). Tentu saja mereka memiliki kesukaan dan cara hidup yang sangat beragam. Hal tersebut adalah peluang besar bisnis bagi yang jeli dalam menerawang.

Bisnis hobi dan mainan, mungkin bagi sebagian orang beranggapan “udah besar kok masih beli mainan”. Coba deh, pikir dengan sudutpandang lain. Justru karena mereka sudah besar, bisa cari uang sendiri, mereka butuh mainan yang lebih mahal dan berkualitas, bahkan ada komunitasnya.

Buat kamu yang tinggal di Jogja, ada beberapa toko hobi dan mainan yang cukup terkenal untuk kamu kunjungi. Barang yang dijual cukup beragam, seperti model kit, gundam, drone, action figure dsb. Cekidot

(1) Unicorn Toys Jogja

Toko ini cukup mudah ditemukan karena letaknya cukup stragtegis. Dari Galeria Mall ke utara hingga menjelang perempatan sagan. Ada ruko kecil di barat jalan. Toko ini menjual gunpla merk Bandai dan peralatan merakitnya.

(2) Hongli Gundam Yogyakarta

Hongli Gundam Jogja

Toko ini beralamat di Jl Selokan Mataram (Dekat Lampu Merah Am Sangaji Dan Monjali), Sinduadi, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284.

Yang dijual adalah Gundam bootleg (versi lebih rendah dibanding Bandai) berbagai merk seperti Hongli dan Dragon momoko.

(3) Extalia Hobbies

kartu nama.jpg

Toko ini beralamat di Jalan Godean KM 4,5 (selatan jalan).

Barang yang dijual mulai dari action figure, aksesories jejepangan, gundam, hingga pakaian dengan karakter anime.

(4) H&M Diecast Toys

11698619_503207419833105_1554068407905991987_n.jpg

Toko ini menjual berbagai macam action figure. Lokasinya di Jalan Agro, Depok ( Jl. Anyelir CT.X, Depan Fak. Teknik UNY – Selokan Mataram, barat Jalan Gejayan )

(5) Avion RC Hobby

Toko ini menyediakan drone, rc car, aeromodelling dan berbagai macam perlengkapannya. Cocok banget buat kamu yang suka dengan hobi mahal ini.

Alamat di Jalan Bumijo no. 2
Kota Yogyakarta 55232

(6) Heroes Figure Jogja

Alamat di Jl. Gejayan blok bougenvill ctx 011 yogyakarta

Seperti namanya, toko ini menjual berbagai macam action figure yang dapat dijadikan koleksi pribadi maupun sebagai kado temanmu.

Tentu saja masih banyak toko hobi dan mainan di Jogja lainnya. Bagi yang ingin menambahi silakan tambahkan di kolom komentar ya 🙂

 

Bagaimana Rasanya Kuliah di Pertanian? (Part 1)

Bagaimana Rasanya Kuliah Di Pertanian?

Pertanyaan itu mungkin sedikit yang menanyakan karena tidak terlalu banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah di pertanian. Pertanian itu kotor, pertanian itu panas-panasan, capek, dan tidak prospek, anggap banyak calon mahasiswa. Padahal bidang lain pun ada juga yang kotor, panas-panasan, capek, dan saingannya malah lebih banyak. Sesuram itukah kuliah di pertanian?Read More »

Menyimpan Kabel Charger dengan Benar Agar Tidak Ruwet dan Awet

Kabel charger penting banget dijaga biar awet. Baik charger hape maupun laptop. Menjaga kabel agar tetap awet banyak manfaatnya. Performa charging tetap terjaga, dan harga jual bagus jika ingin dijual kembali.

Lalu bagaimana menyimpan charger yang benar biar awet? Ada berbagai macam cara. Sangat sederhana, jika mau melakukannya. Kesel kan kalau kabel charger tiba-tiba ruwet dan memakan waktu saat meluruskannya kembali.Read More »