Etika di Jogja : Turun Kendaraan Dulu, Kemudian Boleh Bertanya

Tetap saja ada orang yang kesasar walaupun sudah pakai maps. Wajar, teknologi secanggih apapun pasti ada kurangnya. Maps yang ada kadang belum mencakup gang maupun jalanan sempit. Menggunakan maps di daerah pedesaan pun akan lebih sulit karena ketidaktahuan kita. Walhasil, perlu untuk perlu bertanya kepada warga sekitar supaya sampai tujuan.

Walaupun sudah lama tinggal di Jogja, tetap saja ada jalan jalan yang belum aku hafal. Apalagi di daerah Kulon Progo maupun Gunung Kidul yang sedang ngehitz destinasi wisatanya. Kalau tidak pergi bareng teman-teman, rasanya aku akan kesulitan menemukan jalan hehe..

Warga Jogja di pedesaan pada umumnya bersikap santun kepada orang lain. Ramah. Saat menginjak semester 2, aku pernah mengunjungi salah satu rumah warga di Kulon Progo. Maksud kami datang hanya melakukan survey untuk mengadakan kegiatan Qurban. Ternyata sambutannya luar biasa. Ada jamuan berupa gorengan hangat, dan sebelum pulang kami diberi makan malam. Rejeki anak sholeh hehe.

Begitu pula sambutan masyarakat di Desa Sureng, Gunung Kidul saat aku mengikuti kegiatan SOREM (Study on Rural Empowerment) semacam kegiatan live in di rumah warga. Kami disambut hangat dan merasakan betul bagaimana akrabnya masyarakat desa. Modal sosial yang perlahan luntur di kalangan masyarakat perkotaan.

Di hari pertama, Pak RT sempat berceletuk mengenai apa yang ia kurang suka dari orang-orang kota.

“Wong plesir seko kota kae kurag tata kramane mas. Lha wong takon dalan kok ra mudhun seko mobil. Yo tak bablaske ben mubeng mubeng”

Terjemahnya kira kira begini..

“Orang yang berwisata dari kota itu tata kramanya kurang mas. Masa mereka bertanya jalan tapi tidak turun dari mobilnya dulu. Ya aku sasarin biar muter muter”.

Kesannya jahat ya.. tapi perlu dipahami bahwa setiap masyarakat punya nilai nilai yang mereka pegang.

Buat kalian yang akan plesir ke Jogja, dan kebetulan kesasar serta ingin bertanya jalan pada masyarakat sekitar. Ada baiknya berhentikan kendaraan dan turun sebentar. Dibuka juga helmnya. Sapa warga sekitar. Barulah mengutarakan kebingungan kalian hehe. Dengan begitu setidaknya warga sekitar akan menaruh hormat pada kalian walaupun sebelumnya belum kenal.

-TufiddinBlog

Iklan

Toko Hobi dan Mainan di Jogja

gunpla-grade-and-scale.jpg

Di Jogja, apa-apa ada, begitu anggapan saya. Lingkungan masyarakat di Jogja mulai heterogen, karena banyak pendatang dari luar jogja (termsuk saya :p). Tentu saja mereka memiliki kesukaan dan cara hidup yang sangat beragam. Hal tersebut adalah peluang besar bisnis bagi yang jeli dalam menerawang.

Bisnis hobi dan mainan, mungkin bagi sebagian orang beranggapan “udah besar kok masih beli mainan”. Coba deh, pikir dengan sudutpandang lain. Justru karena mereka sudah besar, bisa cari uang sendiri, mereka butuh mainan yang lebih mahal dan berkualitas, bahkan ada komunitasnya.

Buat kamu yang tinggal di Jogja, ada beberapa toko hobi dan mainan yang cukup terkenal untuk kamu kunjungi. Barang yang dijual cukup beragam, seperti model kit, gundam, drone, action figure dsb. Cekidot

(1) Unicorn Toys Jogja

Toko ini cukup mudah ditemukan karena letaknya cukup stragtegis. Dari Galeria Mall ke utara hingga menjelang perempatan sagan. Ada ruko kecil di barat jalan. Toko ini menjual gunpla merk Bandai dan peralatan merakitnya.

(2) Hongli Gundam Yogyakarta

Hongli Gundam Jogja

Toko ini beralamat di Jl Selokan Mataram (Dekat Lampu Merah Am Sangaji Dan Monjali), Sinduadi, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284.

Yang dijual adalah Gundam bootleg (versi lebih rendah dibanding Bandai) berbagai merk seperti Hongli dan Dragon momoko.

(3) Extalia Hobbies

kartu nama.jpg

Toko ini beralamat di Jalan Godean KM 4,5 (selatan jalan).

Barang yang dijual mulai dari action figure, aksesories jejepangan, gundam, hingga pakaian dengan karakter anime.

(4) H&M Diecast Toys

11698619_503207419833105_1554068407905991987_n.jpg

Toko ini menjual berbagai macam action figure. Lokasinya di Jalan Agro, Depok ( Jl. Anyelir CT.X, Depan Fak. Teknik UNY – Selokan Mataram, barat Jalan Gejayan )

(5) Avion RC Hobby

Toko ini menyediakan drone, rc car, aeromodelling dan berbagai macam perlengkapannya. Cocok banget buat kamu yang suka dengan hobi mahal ini.

Alamat di Jalan Bumijo no. 2
Kota Yogyakarta 55232

(6) Heroes Figure Jogja

Alamat di Jl. Gejayan blok bougenvill ctx 011 yogyakarta

Seperti namanya, toko ini menjual berbagai macam action figure yang dapat dijadikan koleksi pribadi maupun sebagai kado temanmu.

Tentu saja masih banyak toko hobi dan mainan di Jogja lainnya. Bagi yang ingin menambahi silakan tambahkan di kolom komentar ya 🙂

 

LUXURY Warnet, Kenceng Tenan!

Kali ini ane mau share pengalaman saat mencoba salah satu warnet di Jl. Kaliurang, namanya Luxury Warnet. Warnet ini baru sebentar berdiri mas bro. Letaknya di Jl. Kaliurang KM 5. Warnet ini cukup luas, lantai 1 untuk non-smoking dan smoking room sedangkan lantai 2 untuk wifi area. Ruangannya adem mas bro..

Bagaimana bilik warnetnya? Kursinya besar dan nyaman, layar LED 29″, headset, webcam HD, dan kabel micro-USB untuk smarphone. Di dalam bilik ada menu makanan dan minuman, ada daftar makanannya tapi gak ada daftar harganya mas bro 😀

Bagaimana komputer dan kecepatan internetnya? Komputernya bagus, dan gak nge-lag saat membuka banyak tab. Koleksi filmnya lengkap, sayang agak berantakan. Koneksinya kenceng mas bro! DK hanya butuh 20 menit untuk mendownload file sekitar 1 GB, joss tenan. Tapi ingat mas bro.. ada uang ada barang 😀

Internet cepat? LUXURY aja masbro!